Saturday, December 3, 2011

Tips Meningkatkan Kreativitas

1. Mencari Sudut Pandang Lain. Salah satu latihan untuk mengasah kreatifitas adalah dengan mencoba memandang sesuatu dari perspektif lain -yang sama sekali baru. Misalnya : ambil sebuah pensil, lalu pikirkanlan dan tuliskanlah sebanyak mungkin ide anda terhadap kegunaan pinsil tersebut – selain untuk menulis – misalnya sebagai tusuk konde, sumpit makan, dsb. Hal ini dapat pula Anda terapkan di lingkungan kerja Anda, misalnya carilah alternatif solusi sebanyak-banyaknya terhadap sebuah masalah. Untuk kedua contoh di atas, berikan batasan pada hal-hal yang bersifat ‘mungkin dilakukan’ dan masuk akal.

2. Menciptakan Sesuatu. Salah satu kegiatan yang menuntut tingkat kreatifitas tinggi adalah menciptakan karya seni. Untuk itu cobalah untuk menciptakan sesuatu yang bisa digolongkan kepada sebuah karya seni. Cobalah untuk membuat barang-barang seni dari benda-benda di sekitar Anda. Tekankanlah pada prosesnya, bukanpada hasilnya. Misalnya, jika Anda gemar menggambar, cobalah menggambar benda imajinatif yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Atau apabila Anda suka menjahit, buatlah menciptakan potongan baju yang baru dari potongan kain yang Anda miliki.

3. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya. Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasan informasi. Contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat.

4. Teka-Teki Silang (TTS). Mengisi teka-teki silang (TTS) secara teraturjuga dapat menajamkan pemikiran dan meningkatkan kreatifitas Anda. Karena dalam TTS Anda diharuskan berpikir keras mencari alternatif kata sebanyak mungkin dan bagaimana kata tersebut sesuai dengan kata yang lain.

5. Disiplin. Kata Disiplin disini lebih ke arah disiplin pada diri Anda sendiri.Paksa diri Anda untuk menyelesaikan proses melatih kreatifitas Anda. Lakukan dengan target tertentu. Misalnya: mengisi 1 TTS setiap hari, mencari minimlah 3 alternatif penyelesaian setiap permasalahan di kantor atau memikirkan minimal 5 kegunaan lain dari sebuah benda.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar agar kami bisa menjadikan blog ini menjadi lebih baik terutama untuk para agan - agan sekalian. semoga sukses... !

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Mau Berlangganan ? it's free...

Dengan memasukkan email Anda disini berarti Anda berhak mendapatkan semua artikel dan pembaharuan informasi dari kami. terima kasih

Enter your email address:




Delivered by FeedBurner
Recommended Post Slide Out For Blogger

Followers